Urus KTP Hilang

Konban wa! Di malam minggu ini, daripada ga ada kerjaan & juga kebetulan ga ada yang ajak jalan juga :malus Jadi okelah gue coba untuk share cara urus KTP hilang yang kebetulan gue alami sejak November 2018 lalu.

Sebenarnya waktu Des 2018 lalu udah gue urus ke kelurahan setempat (Bekasi Utara), gue akui cepet sih ya pelayanannya meski gue liat banyak yang antri, tapi ternyata mereka itu antri pembuatan akte lahir deh, karena gue pribadi mau urus KTP hilang sih tanpa antri gitu.

Skip.. Skip..

Gue cuma dikasih resi KTP alias pengganti sementara KTP yang berbentuk selembar kertas A4 dengan stempel resmi dari kelurahan. Dan resi ini udah ada keterangan bahwa masih digunakan sebagaimana KTP aslinya.

Sebenarnya KTP ga bisa langsung dibuat karena mereka bilang katanya si blanko KTP abis, & dalam sehari cuma dijatah beberapa aja. Dan mereka bilang kalo KTP hilang, pengurusannya harus langsung di MPP (Mall Pelayanan Publik) yang ada di Lottemart Bekasi. Gue sendiri baru denger sih ada tempat macem ni.

Tapi setelah beberapa bulan yaitu hari ini, barulah sempet ngurus kesana, karena pertimbangannya bulan puasa gini gue anggap sepi apalagi di menjelang akhir yang notabene udah masa mudik. Karena kalo gue browsing, katanya nih tempat tuh antriannya panjang, kantornya buka jam 08:00 tapi orang udah antri dari subuh.

Siap berangkat

Nah di hari ini gue berangkat dari rumah itu jam 6:15 naik sepeda, karena gue udah pede pasti antrian ga begitu panjang bulan puasa gini. Tapi saat gue sampe sana sekitar kurang lebih jam 7 kurang, ternyata antrian udah panjang banget cuy!

Dengan pedenya gue masuk aja ke dalem mallnya karena antriannya itu dari luar sampe ke kantor dalem mall yang panjang antriannya itu sekitar 30 meter lebih! Dan di dalam gue tanya lagi sama petugasnya, ternyata untuk pengurusan KTP/Akte (kependudukan) itu beda lagi antrian yang alhamdulillah ternyata lebih pendek, ga sampe 20 meter, & ternyata yang panjang itu antrian yang niat urus SIM atau pajaknya.

Foto 1
Foto 2
Foto 3

Nah proses antri ini semua orang itu pada duduk lesehan, yudh lah akhirnya gue ikutan, karena logikanya kita ini sebenarnya antri cuma untuk dapetin nomor antrian, bukan buat langsung pelayanannya, karena kantornya buka itu nanti jam 8:00, masih lama!

Skip.. Skip..

Sekitar jam 7 lewat, si petugas antrian udah dateng & mulai mendata antrian, & disini gue baru sadar, ternyata panjang antrian KTP & SIM itu sama panjang, bedanya si KTP ini di belah 2 antrian aja, luar biasalah, bulan puasa gini antrian masih menggila.. 😂

Sistemnya adalah, jadi si petugas itu baru membagikan nomor antrian JIKA saat dicek itu kelengkapan dokumen itu udah lengkap. Jadi ya siapkan aja dulu guys semua dokumen lengkap sebelum ngurus… Dan finally gue dapet antrian nomor 33.

Foto 4

Sebenarnya syarat untuk pencetakan KTP ulang kaya gue ini, butuh syarat KK, laporan kehilangan kepolisian/resi KTP kelurahan, & juga fotokopi KTP kalo ada demi kelancaran proses. Tapi disini.. Gak sama sekali! Jadi itu semua cuma formalitas belaka! Gue cuma diminta resi KTP aja tuh, langsung dikasih nomor antriannya.

Well.. Setelah itu ya nunggu lagi sampe jam 8 kantor buka 🤦

Skip.. Skip..

Kantor pengurusan SIM/KTP finally buka jam 8 bahkan kurang.. Tapi ya gitu deh.. Ternyata gak langsung dilayani, mereka masih siap2 dulu nyalain komputer, otak-atik apalah dulu, sampe akhirnya antrian mulai dipanggil jam 8.15

Foto 5

Dari antrian nomor 1 sampe ke nomor 33 ternyata ga butuh waktu lama guys.. Cuma butuh 30 menit aja, dgn kata lain 1 nomor/menit. Mengherankan sih, kok cepet banget ya cetak KTP, & ternyata gue dikasih resi cetakan baru, & KTP itu nanti dikirimkan 2-3 bulan kemudian langsung ke rumah, jadi sistemnya kaya pre-order dulu gitu deh. Damn.. Kirain langsung jadi..

Akhirnya gue mulai meninggalkan MPP itu sekitar jam 9 kurang. Matahari mulai terik, & di situasi itulah gue harus gowes sekitar 3,5 km ke rumah.

Kesimpulan yang gue dapet soal MPP adalah, antriannya ini lho.. Buat gue wasting time banget lah harus antri dari subuh hanya demi dapet nomor antrian aja, sebenarnya sih ada antrian online yang bisa dibooking, tapi sistem onlinenya masih perbaikan, & cukup lama juga sih perbaikannya.

Lalu untuk pelayanannya sendiri sih udah cukup baik ya, disana juga ada petugas loket 2 orang yang selalu standby & bisa menjawab segala informasi yang dibutuhkan, Sampe syarat dokumen2 apa aja sih yang diperlukan untuk ngurus KTP atau STNK, bahkan sampe mereferensikan kapan sebaiknya datang kalo nomor antrian udah habis.